Selasa, 16 Desember 2014

Membuat gambar anaglyph di blender

Anaglyph adalah teknik penggabungan 2 gambar yang stereo agar terlihat 3D ketika dilihat oleh kacamata 3D. karena itu sebelum menjadikan hasil render anaglyph maka kita harus membuatnya stereo seperti mata kita...
gimana tuh agar rendernya jadi stereo? ikuti aja langkah di bawah ya

1. Siapkan Model yang akan di render

 

2. Tambahkan Kamera
klik menu add, klik camera 

tarik kamera ke atas (sumbu Y) dengan meng klik-drag panah warna biru. (bila diperlukan agar camera tidak terhalang objek)


Ganti nama camera menjadi Cam Normal atau Cam Middle atau terserah, untuk mempermudah memanagement atau apalah istilahnya...
dengan cara pada panel properties> klik Tab Object (gambar kubus)
ganti nama Camera 001 dengan nama Cam Normal


3. Duplikasikan kamera
fungsi duplikasi kamera adalah membuat camera lebih dari satu, untuk membuatnya menjadi stereo kita butuh 2 kamera lagi, sehingga kita menduplikasikannya dua kali. ikuti langkah di bawah
 pada camera yang masih ter-select tekan CTRL+D>klik di tempat (usahakan setelah Ctrl+D mouse tidak bergerak sekalipun). 
nah lihat lagi tab object dan locationnya:

beri nama duplikasi kamera menjadi Cam Kanan atau Cam Right atau apalah pokoknya artinya kanan
kemudian lokasi pada sumbu X di tambah 0.4 (misalnya X:1.71955 menjadi X:1.71955+0.4)
nantinya Cam Kanan akan bergeser ke Kanan dari Cam Normal 


Select Cam Normal dengan cara klik kanan Cam Normal
hingga Cam Normal berubah warna menjadi Orange 


beri nama duplikasi kamera menjadi Cam Kiri atau Cam Left atau apalah pokoknya artinya kiri
kemudian lokasi pada sumbu X di kurangi 0.4 (misalnya X:1.71955 menjadi X:1.71955-0.4)
nantinya Cam Kiri akan bergeser ke Kiri dari Cam Normal



Duplikasi sudah selesai dan kita udah punya 3 camera sekarang. cek pada panel Outliner (pada tampilan blender 2.5 default terletak di pojok kanan atas).
ada 3 camera yaitu: Cam Kanan, Cam Kiri, dan Cam Normal


4. Parenting Camera
Ke tiga kamera tadi di jadikan dalam satu Objek. Tujuannya agar mereka bertiga dapat bergerak secara bersamaan. disini Cam Normal akan penjadi Parent dari kedua camera lainnya. maksudnya Cam Kanan dan Cam Kiri akan selalu mengikuti gerakan Cam Normal kemanapun bekerja... lanjut yuk...
Mari kita parentkan Cam Kiri & Cam Kanan terhadap Cam Normal
Sambil tahan tombol Shift: klik kanan Cam Kiri > klik kanan Cam Kanan > klik kanan Cam Normal
(Cam Normal di select paling terahir karena dia akan menjadi Parent bagi Camera lainnya)
oke sekarang anda boleh lepas tombol shift. selanjutnya tekan Ctrl + P kemudian Klik Object


Nah sekarang Cam Normal sudah menjadi Parent. coba cek di panel outliner
Cam Kanan & Cam Kiri ada di dalam Cam Normal seperti gambar di bawah: 


sekarang klik kanan Cam Normal dan gerakkan kemanapun insyaAllah Cam Kiri & Cam Kanan akan mengikutinya kalo gagal, ada masalah di parenting tadi...
gambar di bawah seharusnya cameranya ada 3
(mohon maaf Cam Kanan tidak terlihat pada gambar masalah karena komputer saya)


5. Arahkan Camera pada object dengan posisi yang paling mantab
gunakan translate dan rotate manipulator untuk mengubah posisi kamera
untuk mempermudah pindah memindah gunakan orientation Local 


 6. Render
 mari kita render setiap masing-masing camera
klik kanan Cam Normal> Ctrl + Numpad 0 > F12 (tunggu hingga render selesai)> F3 (simpan gambar)
klik kanan Cam Kiri> Ctrl + Numpad 0 > F12 (tunggu hingga render selesai)> F3 (simpan gambar)
klik kanan Cam Kanan> Ctrl + Numpad 0 > F12 (tunggu hingga render selesai)> F3 (simpan gambar)
Hasilnya:
Cam Normal
Ini adalah gambar normal dari gambar stereo (lha stereonya mana?)
gambar yang stereo akan di hasilkan oleh Cam Kanan & Cam Kiri nantinya.

Cam Kiri & Cam Kanan
Inilah yang dimaksud gambar stereo. dua gambar dari dua kamera yang terpisah seperti mata

7. Anaglyphing
dari gambar stereo tersebut masih belum dapat dilihat dengan kacamata 3D karena belum melalui tahap anaglyphing: penyatuan dua gambar stereoscopic menjadi gambar Anaglyph

Kira-kira jadinya nanti kaya begini (lihat dengan kacamata 3D)

Note: sebenarnya semua cara dan ukuran di atas tidak mutlak.
misalnya:
1. Jarak antar kamera tidak harus 0.4 .saya hanya mengira-ngira angka yang terbaik
2. Anaglyphing tidak harus dilakukan software external, Blender dapat merender Anaglyph dengan fasilitas Node Editor atau Compositing.
3. Camera tersebut tidak harus menghadap sejajar PARALLEL namun bisa juga BERSILANGAN asal pada titik yang sama.
Camera Parallel dan Bersilangan
untuk perbedaan hasilnya bisa di coba sendiri :)



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar